24/10/12

6 Jurus Anti Bingung Untuk Fresh Graduate


Lulus dan menyandang gelar yang baru, merupakan bagian dari arah kehidupan. setelah menikmati kebebeasan setelah beberapa tahun berkutat dengan ilmu, kini saatnya kita menentukan arah tujuan kemana akan membawa kita. coba susun beberapa planning untuk mulai kehidupan baru. tetap berusaha dan jangan menyerah. beberapa arah mungkin sudah menjadi pilihan kita, namun bukan berarti tertuju pada satu tujuan saja. beberapa langkah agar tidak bingung akan coba saya bagikan disini.
1. Tetap Berhubungan Dengan Teman Anda
Tetap menghubungi teman-teman Anda setelah lulus adalah hal yang sebaiknya Anda biasakan. Meski tidak setiap hari, setidaknya Anda tetap saling berhubungan dengan teman Anda sekedar menanyakan kabar atau mengirimi ucapan ulang tahun. Bisa juga dengan saling mengunjungi bila memungkinkan.

2. Tapi Cobalah Untuk Bertemu Orang Baru
Mungkin Anda membutuhkan skill untuk berkomunikasi dalam hal ini, tapi tidak apa-apa. Bagaimanapun Anda harus berinteraksi untuk bisa bertahan di dunia ini. Datanglah ke event-event publik atau mencoba bergabung dengan komunitas. Kontak teman-teman yang sudah lebih dulu bekerja, mungkin mereka akan mengenalkan Anda pada rekan-rekannya. Ini hal bagus, Anda akan mempelajari hal-hal baru sebelum akhirnya akan benar-benar mencobanya.

3. Datang Ke Acara Pernikahan
Suatu saat, Anda akan mengalaminya, jadi sering-seringlah datang ke acara pernikahan bila Anda diundang. Bahagialah atas pasangan yang menikah pada hari tersebut. Pernikahan adalah hal yang akan Anda hadapi cepat atau lambat sekalipun Anda masih single hari ini. Hmm.. tidak ada yang tahu kan kalau mungkin Anda bertemu calon jodoh di sana?

4. Menghandle Keuangan
Anda belum bekerja, jadi jangan membuang-buang uang bila memang tidak terlalu bermanfaat. Belilah sesuatu yang jelas manfaatnya dan berguna untuk jangka panjang. Anda bisa les menyetir, membeli sepatu kerja yang tetap gaya, ikut sekolah kepribadian dan lain-lain. Itu bermanfaat sebagai investasi Anda, namun jangan sampai membuat kantong bolong. Jangan mencoba wira usaha bila Anda hanya modal nekat. Lebih baik belajar dan mengamati teman-teman yang sudah lebih dulu menjadi entrepreneur bila Anda tidak yakin akan mampu menghadapi resiko kerugian.

5. Menemukan Kegiatan Baru
Bergabung dengan klub-klub yang positif bisa mengisi waktu Anda dengan kegiatan yang positif pula. Saat ini sudah banyak klub yang tidak membatasi usia dengan kegiatan menarik, seperti pecinta alam, fotografi atau menulis. Dengan begini, Anda tidak akan kehabisan kegiatan dan tetap produktif.

6. Ikuti Naluri Anda
Banyak teman dan senior akan menyarankan ini dan itu pada ANda yang belum berpengalaman. Namun mereka tidak akan bisa dipersalahkan bila suatu hari Anda menyesal karena mengikuti saran mereka. Oleh karena itu, ikuti insting Anda sendiri dan biarkan ia mengarahkan Anda pada hal yang memang baik untuk Anda. Keputusan yang Anda lakukan, entah mau sekolah lagi atau bekerja, Anda yang menentukan dan menikmati ritmenya.
Tidak perlu putus asa atau merasa drop bila Anda belum punya rencana seusai kuliah. Mulailah mencatat harapan-harapan Anda dan langkah-langkah apa yang bisa diraih untuk menggapainya. Anda bisa mulai kapanpun Anda siap, namun waktu yang tepat untuk melakukan hal positif adalah waktu yang disegerakan.
Semoga tips diatas berguna ya, Ladies. Selamat menempuh hidup baru sebagai sarjana dan semoga berhasil meraih masa depan yang Anda inginkan.

(vem/gil) (sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar